Perangkat penunjuk (bahasa
Inggris: pointing device) adalah perangkat masukan (lebih spesifiknya,
perangkat antarmuka manusia) yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data
spasial (kontinu dan multidimensi) ke dalam suatu komputer.
Beberapa contoh Perangkat penunjuk antara lain :
Mouse
Sebuah mouse adalah perangkat genggam kecil yang mendorong di atas permukaan
horisontal. Sebuah mouse pointer bergerak grafis dengan menjadi meluncur
di permukaan halus.
Trackball
Sebuah trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola bertempat di soket yang mengandung sensor untuk mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu, mirip dengan mouse terbalik: sebagai pengguna gulungan bola dengan ibu jari, jari, atau telapak pointer di layar juga akan bergerak.
Pointing Stick
Sebuah tongkat penunjuk adalah inti tekanan kecil yang sensitif digunakan seperti joystick. Hal ini biasanya ditemukan pada laptop tertanam antara 'G', 'H', dan 'B' kunci.
Touchpad
Sebuah touchpad atau trackpad adalah permukaan datar yang dapat mendeteksi
kontak jari. Ini adalah perangkat penunjuk stasioner, biasanya digunakan pada
komputer laptop
Touch Screen
Sebuah touchscreen adalah perangkat tertanam ke layar TV monitor, atau
sistem LCD Monitor layar dari laptop komputer. Pengguna berinteraksi dengan
perangkat dengan menekan fisik item ditampilkan pada layar, baik dengan
jari-jari mereka atau beberapa alat bantu.
Joystick
Tuas kontrol atau
tongkat ria atau Tuas Kendali (bahasa Inggris: joystick) adalah alat masukan
komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat
mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini
umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang
dilengkapi lebih dari satu tombol.